Thursday, August 30, 2007

badai buat ranza

Kamis, malam Jumat Tanggal 30 Agustus 2007.
Seperti biasanya, gwe brangkat ke warnet untuk jaga skitar jam 6 sore. stibanya di warnet azan magrib berkumandang. lempeng aje masuk ke meja operator. sepi. sepi bangeth. ngga ada user yang ol satupun di warnet.

uhmm... ngapain ya klo buka internet..?? . memang aku membawa satu buah buku dan dua buah dvd film serta 1 komik conan. mo nonton, eh ntar aja dech klo dah malam dikit..udah aja gwe baca komik conan ampe tamat. trus slesai baca conan, kompi op sudah merengek buat ditemanin ma aku....

kemudian ku buka Mozilla..(myfav browser..).
dan masuk dech kerumah om Google. trus jari² terlihat bingung pengen mengetikkan apa. secepat kilat dengan sendirinya jari² nulis "gatholoco"... ENTER.

setelah mendapatkan pagenya yang gwe dapet dengan beberapa bahan tentang gatholoco trus buka² pagenya. trus disalah satu forum ada yang ngasih reference... forum apaan ya ?? seperti apa ya isi forumnya?? ... dengan rasa penasaran yang menggunung (hiperbol bangeth...) klik kanan di mouse trus kopi paste dech di browser...(klo ini sich coz males ngetik situsnya, panjang gitu..)

and ... WHAT THE HELL?!?!?!?

gila, gwe aja sampai kaget bangeth, ni situs gokil abiszz....
mojokin bangeth ke namanya ISLAM. lumayan lengkap bangeth mereka mengkritisi... dari pernikahan Muhammad SAWW dengan Aisyah (edun euy, Muhammad SAWW dicap pedofilia) aje gile pokona...

mereka udah rela ngabisin waktu dan tempat cuman buat nyediain thread² about ISLAM. dari komiknya Muhammad, trus ampe yang bisa bikin iman orang² sebangsa gwe copot bentar....

mereka mojokin (kpaksa make kata ini coz ngga nemu kata yang pas) ISLAM, dengan mengambil dari 2 pokok sumber hukum dalam ISLAM : Qur'an dan Hadist. kaget juga gwe nich. ni klo loe mo liat gwe kasi bagian komiknya skalian...

yang bikin gwe salut mereka ngga cuman ngubek² forum ini dengan pembicaraan tentang ISLAM yang bisa dibilang ngga terlalu serampangan, tapi juga ngasi sumber²nya juga.... gwe aja jujur jarang bangeth buka Quran ma Kitabus Sittah (kitab kumpulan hadist).

kayaknya sih ntu kumpulan orang² yang kecewa terus keluar dari ISLAM (ni mah dugaan gwe aja), karena gwe pernah tau bahwa ada beberapa orang yang keluar dari ISLAM karena beberapa pertanyaan mereka tidak terjawab dan mereka akhirnya mendapat cap munafik ato yang ekstrem cap Kafir (f***ing labelization!!) ketika nanya hal-hal yang sudah mapan dalam pahaman masyarakat Muslim. dan wajar jika mereka melampiaskan kekecewaan dengan jalan ini. setau gwe sich ISLAM agama yang masuk akal, meski gwe klo soal ritual lumayan males.

tapi, ada satu hal yang bikin gwe agak bikin yakin kalau semua ini berawal dari kekecewaan aja. bayangin dech, misalkan klo ada mualaf yang bertanya tentang kesahihan sebuah hadis yang telah dikumpulkan oleh beberapa ulama hadist dulu ternyata mendapat jawaban bahwa semua kitab itu sudah final, ngga mungkin dikritisi lagi. Gubrak!!!!

nah yang bikin gwe tertarik ngebahas ini, ternyata masalah kekecewaan dalam ISLAM lumayan banyak. Khawarij dan tentunya Mu'tazilah bisa termasuk salah satunya, n IslLib pun tak ketinggalan sepertinya. mungkin yang bikin kecewa mereka antara lain mengenai hadits² yang bertentangan dengan pahaman mereka. gwe sich salut klo mereka kritis terhadap hadist² Muhammad, mengingat penjagaan terhadap hadis di sebagian besar Muslim baru dilakukan beberapa abad setelah Muhammad SAW wafat, dan jangan lupa pula bahwa sejarah penulisan n pengumpulannya mengalami pasang surut, dimulai dari kontroversi penciptaan hadis palsu ampe perbedaan metode pengesahan hadist (Jeffrey Lang : Aku menggugat, maka aku kian beriman). sori gwe lupa halamannya. :)

terus yang gwe heran kok mereka ngga nanya² ama orang alim² sbangsa Aa Gym ato klo ngga bisa berdiskusi dengan orang² yang mereka tau lebih mengerti tentang agama.

entahlah.. tapi situs ini udah bikin gwe kembali menanyakan keimanan gwe, apakah beriman yang berasal dari tradisi keluarga, ato sudah melewati proses pencarian....?? karena gwe yakin setiap proses (sekali lagi proses) mencapai keberimanan akan berdampak pada pemahaman terhadap agama beserta praktik²nya. dan patut kita² semua orang² yang ngaku muslim untuk berkontemplasi (ni kata² dari Divan Semesta di OM) apakah yang telah kita lakukan memang mencerminkan keyakinan yang kita anut ma juga apakah yang kita yakini emang yang mendekati apa yang dikehendaki Sang Pemilik Kebenaran. dan jangan lupa pula klo yang kita yakini sesekali kadang perlu dibenturkan pula untuk mendapatkan kebenaran agama yang kita pahami.

n' menutup postingan teu puguh ini, gwe mo bagi yang gwe dapet dari someone : ngga ada satu orang pun yang berhak mendaku pemahamannya yang paling benar selama yang dia yakini masih bisa tergoyahkan. ngga ada yang mutlak dari kita. klo ceuk kang Irvan mah, jangan sampai monopoli kebenaran . (Muhammad SAWW sich wajar dia bisa mendaku paling benar coz' dia udah ketemu dengan TUHAN secara langsung).

udah malem ni bro.. cukup kayaknya dech ngomongin ini. eh, abis baca tulisannya, jangan lupa kasi komen ya..

ci ya..

1 comment:

ranzabira said...

thanks.. sorry for take long time to reply your comment